Belajar Membuat Jam Digital Dengan JavaScript

Dengan mempunyai blog saya dituntut memiliki wawasan luas, apalagi blog tentang seputar dunia IT ya tentunya saya harus paham tentang dunia IT itu sendiri, walaupun saya bukanlah seorang mahasiswa IT, melainkan masih berada di bangku SMA, saya terus berusaha keras bisa memberikan info seputar dunia IT ini.
Untuk mengupdate blog saya secara rutin, jadinya saya harus berusaha mencari info dari berbagai sumber misalnya dari blog tetangga, jadi kalo ada blog tetangga yang merasa info artikelnya sama ya mohon maaf saja, kan sama-sama sharing jadi bagi ilmu ga apa-apa kan.
Langsung saja, setelah berguru dari berbagai blog tetangga tidak sengaja saya menemukan beberapa ilmu mengenai JavaScript. Salah satunya yaitu belajar cara membuat jam digital dengan JavaScript, sebenarnya info ini saya rasa bukanlah info baru melainkan sudah banyak diposting oleh kakak-kakak blogger. Baik bagi anda yang belum tahu saya akan mencoba mensharingnya untuk anda.
Untuk membuatnya terlebih dahulu anda copas code JavaScript berikut ini ke dalam notepad.


<script language="JavaScript">
<!--
// please keep these lines on when you copy the source
// made by: Nicolas -http://www.javascript-page.com
var clockID = 0;
function UpdateClock() {
   if(clockID) {
      clearTimeout(clockID);
      clockID  = 0;
   }
   var tDate = new Date();
   document.theClock.theTime.value = ""
                                   + tDate.getHours() + ":"
                                   + tDate.getMinutes() + ":"
                                   + tDate.getSeconds();
   clockID = setTimeout("UpdateClock()", 1000);
}
function StartClock() {
   clockID = setTimeout("UpdateClock()", 500);
}
function KillClock() {
   if(clockID) {
      clearTimeout(clockID);
      clockID  = 0;
   }
}
//-->
</script>
<body onload="StartClock()" onunload="KillClock()">
<center><form name="theClock">
<input type=text name="theTime" size=8>
<form></center>
Setelah anda selesai copas anda save, dan beri nama dengan extensi *.html, misalnya jamjava.html. Selesai deh, kalo berhasil jangan lupa komen ya, kalo enggak berhasil anggap aja kita tidak pernah bertemu (he...he...he bercanda). Kalo males copas kode Belajar JavaScript di atas langsung aja anda download kodenya DISINI.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
salam "Friend Share Friend Care"